Mengenal 6 Jenis Gudang untuk Penyimpanan Stok Barang

Jika mendengar kata gudang, pastinya Anda hanya berpikir tentang tempat penyimpanan saja. Tapi tahukah Anda bahwa gudang-gudan memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda loh.

 

Untuk pebisnis online, pelaku bisnis kecil atau UKM, gudang bukan hanya sekadar ruang penyimpanan saja tetapi juga menjadi bagian yang sangat penting dalam hal pemenuhan pesanan pelanggan atau disebut dengan order fulfillment.

 

Pemilihan gudang pun tidak dapat dilakukan dengan asal. Memiliki gudang yang tepat adalah salah satu penentu apakah bisnis Anda akan menjadi sukses atau terpuruk. Sehingga, Anda perlu tahu jenis gudang apa yang bisnis Anda butuhkan.

 

Berikut ini beberapa jenis gudang yang perlu Anda ketahui:

 

1. Gudang Umum

 

Jenis gudang yang pertama adalah gudang umum. Gudang ini dikelola oleh perusahaan maupun swasta. Gudang jenis ini biasanya dipinjamkan untuk keperluan bisnis ataupun kebutuhan pribadi.

 

Gudang umum memberikan durasi penyimpanan yang singkat atau sementara. Jika Anda adalah pemilik bisnis online atau UKM dan ingin menyimpan barang dengan durasi yang singkat, maka gudang jenis ini bisa jadi pilihan Anda.

 

Kekurangan dari gudang yang satu ini terkadang tidak memiliki peralatan atau fitur yang canggih, karena pada dasarnya hanya untuk menyimpan barang saja. Harganya pun cenderung lebih terjangkau.

 

2. Gudang Pribadi

 

Sesuai dengan namanya, gudang yang satu ini biasanya dimiliki secara pribadi baik pemilik bisnis, distributor, maupun produsen. Namun, Anda bisa untuk menggunakannya untuk menyimpan stok barang Anda.

 

Tapi, biasanya harganya jauh lebih tinggi dibandingkan gudang umum. Selain itu, gudang pribadi ini terkadang memiliki lokasi yang sangat strategis dan dapat digunakan untuk menyimpan stok barang dengan jangka waktu yang panjang.

 

3. Smart Warehouse / Gudang Otomatis

 

Smart warehouse adalah salah satu jenis penyimpanan yang memanfaatkan teknologi yang sangat canggih, bahkan ada yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

 

Gudang yang satu ini melakukan otomatisasi berbagai proses pekerjaan dengan memanfaatkan berbagai teknologi seperti melakukan pengemasan, penimbangan, sampai dengan penyimpanan barang.

 

Gudang yang satu ini biasanya digunakan oleh para raksasa e-commerce untuk menghindari human error (Kesalahan manusia) saat melakukan proses-proses yang disebutkan diatas.

 

Dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkan, pastinya harga yang perlu Anda keluarkan juga kan jauh lebih besar. Sehingga kurang rekomendasi untuk pelaku bisnis kecil.

 

4. Gudang Koperasi

 

Pasti sudah tidak asing lagi ya dengan gudang koperasi. Gudang yang satu ini biasanya digunakan oleh orang-orang koperasi ataupun orang luar untuk menyimpan berbagai barang mereka di dalamnya.

 

Biaya penyimpanan di gudang yang satu ini juga beragam. Biasanya untuk anggota koperasi maka ada potongan harga khusus. Sedangkan untuk umum, harga yang diberikan merupakan harga normal.

 

5. Gudang Pemerintah

 

Jenis gudang yang satu ini dimiliki oleh pemerintah. Salah satu contoh gudang pemerintah adalah Bulog. Gudang jenis ini memiliki biaya sewa yang terjangkau namun dengan peraturan yang sangat ketat.

 

Gudang pemerintah mampu menyimpan berbagai macam jenis barang, bahkan barang yang perlu perlakuan khusus seperti menyimpan produk beku.

 

6. Gudang Pusat Distribusi

 

Jenis gudang yang satu ini merupakan gudang yang digunakan untuk kebutuhan yang sementara atau dalam jangka waktu yang tidak lama. Pusat distribusi hanya sebagai persinggahan karena barang yang masuk akan segera didistribusikan dalam waktu yang singkat.

 

Barang-barang yang biasanya menggunakan gudang yang satu ini adalah barang-barang yang mudah rusak atau basi contohnya makanan. Sehingga biasanya didistribusikan hari itu juga, jika barang sampai pada pagi hari, maka siang atau sore hari barang sudah didistribusikan kepada pembelinya.

 

Untuk biaya sewa gudang yang satu ini biasanya lebih terjangkau. Namun, kembali pada jenis barang apa yang ingin Anda simpan di gudang ini.

 

Itulah dia tadi beberapa jenis gudang yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Alamat :

Pergudangan Kosambi Permai NN/17,
Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten 15212

© 2021 gudangmu.id

Alamat :
Pergudangan Kosambi Permai NN/17, Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten
15212

Copyright © Gudangmu.id