Manfaat Menggunakan Fulfillment Service untuk Bisnis

Manajemen inventaris masih menjadi salah satu hal yang penting dalam hal meningkatkan pengalaman terbaik untuk para pelanggan Anda. Salah satu hal yang dapat Anda andalkan dalam hal manajemen inventaris atau stok barang Anda adalah dengan menggunakan Fulfillment Center (Gudang bersama).

 

Secara sederhana, Fulfillment Center merupakan gudang bersama yang digunakan oleh para pemilik e-commerce, toko online, dan bisnis lainnya untuk menyimpan inventaris hingga melakukan distribusi kepada pelanggan.

 

Dengan memanfaatkan Fulfillment service artinya Anda bisa fokus pada aspek lain untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, bukan hanya itu saja, ada banyak lagi manfaat dari menggunakan layanan Fulfillment, berikut ini beberapa diantaranya:

 

1. Menghemat Biaya Pengiriman

 

Jika menyimpan stok barang Anda sendiri, artinya Anda harus mengirimkan produk tersebut kepada pelanggan melalui jasa pengiriman. Tentu saja biayanya tidak murah dan bahkan bisa jauh lebih mahal dari produknya sendiri.

 

Namun, dengan menggunakan layanan Fulfillment yang memiliki fasilitas atau cabang yang luas dari berbagai daerah bahkan luar negeri maka biaya pengiriman pun akan jauh lebih rendah. Ada pula diskon-diskon jika Anda mengirimkan produk sekaligus banyak.

 

Misalkan Anda harus membayar Rp 30.000 untuk setiap pengiriman dan pada bulan ini Anda mengirimkan 500 order. Maka Anda akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000.000 untuk pengiriman.

 

Namun, dengan penyedia Fulfillment yang sedang memberikan diskon pengiriman contohnya 20%, maka Anda akan menghemat banyak sekali uang.

 

Rp 15.000.000 x 20%= Rp 3.000.000.

 

Dengan memanfaat Fulfillment artinya Anda dapat menghemat biaya pengiriman sampai dengan Rp 3.000.000 dalam satu bulan. Itu baru satu bulan saja, bagaimana jika satu tahun?

 

2. Mengurangi Biaya Operasional

 

Setiap bisnis pastinya memiliki biaya operasional agar bisnisnya dapat terus berjalan dengan lancar. Namun, ada kalanya Anda akan merasa terbebani dengan biaya operasional yang tinggi.

 

Sehingga Anda perlu untuk mengurangi biaya operasional Anda tanpa mengorbankan kualitas produk Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan biaya operasional adalah dengan menggunakan layanan Fulfillment.

 

Ketika Anda menggunakan layanan Fulfillment, itu berarti Anda dapat menghemat biaya operasional yang cukup besar. Dengan layanan Fulfillment, Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan.

 

Layanan Fulfillment biasanya memberikan biaya penyimpanan tetap untuk produk Anda yang disimpan di gudang mereka. Setelah itu, Anda hanya dibebankan untuk stok barang yang diambil, dikemas, dan dikirimkan kepada pelanggan.

 

Anda pun tidak perlu khawatir jika stok barang Anda sedang mengalami penurunan pesanan, karena Anda tidak akan dikenakan biaya operasional penyimpanan tambahan.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa biaya penyimpanan Anda hanya berubah saat jumlah unit dalam gudang berubah.

 

3. Meningkatkan Layanan Pelanggan

 

Banyak pebisnis yang tidak menyadari bahwa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah salah satu kunci dan aspek yang sangat vital untuk mencapai kesuksesan bisnis.

 

Pelanggan cenderung sangat mudah untuk mengingat pelayanan yang mereka dapatkan. Jika Anda memberikan pelayanan yang baik maka besar kemungkinan mereka akan kembali lagi. Begitu pula sebaliknya, jika Anda memberikan pelayanan yang buruk, mereka pasti akan malas untuk kembali bertransaksi dengan Anda.

 

Untungnya saat ini banyak sekali penyedia layanan Fulfillment yang dapat membantu Anda untuk memberikan pelayanan selama 24 jam sehari baik melalui email, WhatsApp, hingga telepon. Dengan kata lain, pelanggan bisa dengan mudah untuk melakukan pembelian, penukaran, sampai dengan pengembalian barang kapan saja.

 

4. Menggunakan Teknologi yang Canggih

 

Pada umumnya, layanan Fulfillment menggunakan teknologi-teknologi terbaru nan canggih untuk melakukan berbagai proses dan pengiriman produk Anda. Biasanya teknologi tersebut akan terintegrasi dengan toko online atau e-commerce yang Anda miliki.

 

Ada beberapa fitur yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan Fulfillment, berikut ini beberapa diantaranya:

 

1. Manajemen inventaris, Anda dapat mengetahui stok barang masuk dan keluar dengan sangat mudah dan tersedia secara real-time dan up to date.

2. Item tracking, mampu melakukan pelacakan item.

3. Kemanan, stok produk Anda berada di tempat yang sangat aman dari hal-hal yang dapat membuat Anda merugi, seperti produk yang hilang, rusak, dan sebagainya.

4. Pengiriman, Anda tidak perlu pusing lagi soal pengiriman barang, semua dilakukan oleh pihak Fulfillment.

5. Memilih kurir, baik Anda ataupun penyedia layanan dapat membantu Anda untuk memilih kurir dengan biaya pengiriman yang paling murah.

 

5. Explorasi Bisnis

 

Setelah menggunakan layanan Fulfillment Anda dapat lebih fokus untuk melakukan penjualan dan meningkatkan omzet bisnis Anda saja, karena seluruh proses telah dialihkan kepada penyedia layanan. Tidak hanya itu, Anda pun dapat melakukan explorasi atau mengembangkan bisnis pada bidang yang lain.

 

 

Itulah dia beberapa manfaat dari menggunakan layanan Fulfillment service. Jika Anda ingin menggunakan layanan ini, Anda bisa gunakan layanan dari Gudangmu.id.

Alamat :

Pergudangan Kosambi Permai NN/17,
Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten 15212

© 2021 gudangmu.id

Alamat :
Pergudangan Kosambi Permai NN/17, Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten
15212

Copyright © Gudangmu.id