Manfaat dan Pentingnya Menggunakan Jasa Fulfillment

Setiap bisnis memiliki komponen yang berbeda-beda, mulai dari pemasaran, produksi, fulfillment, dan sebagainya. Semuanya bertugas untuk mengoperasikan bisnis agar dapat menghasilkan keuntungan.

 

Salah satu aspek yang paling berpengaruh dalam kelancaran bisnis adalah Fulfillment. Tapi apakah Anda sudah tahu apa itu Fulfillment, manfaatnya, dan apakah ini penting untuk bisnis Anda, berikut ini ulasannya.

 

Fulfillment dapat diartikan sebagai pemenuhan pesanan dalam artian paling umum adalah proses yang lengkap mulai dari penyimpanan produk atau stok barang sementara, penjualan hingga pengiriman produk ke pelanggan.

 

Jika Anda menjalankan bisnis online, maka menggunakan jasa Fulfillment akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Lantas, apa saja manfaat dari Fulfillment itu? berikut ini beberapa manfaatnya:

 

1. Menghemat Biaya Sewa

 

Dalam menjalankan bisnis online dengan ratusan bahkan ribuan produk, pastinya Anda membutuhkan gudang yang cukup luas untuk menyimpan semua stok barang yang Anda miliki.

 

Jika Anda harus menyewa gudang sendiri, artinya biaya yang dikeluarkan pun cukup tinggi. Belum lagi membayar karyawan untuk mengelola gudang tersebut, biaya nya akan bertambah lagi.

 

Namun, dengan menggunakan jasa Fulfillment, Anda bisa menghindari biaya sewa gudang yang mahal. Karena Anda akan mendapatkan gudang bersama yang biaya nya jauh lebih terjangkau.

 

2. Tidak Membutuhkan Karyawan Tambahan

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat Anda menyewa gudang, artinya Anda pun harus membayar karyawan untuk membantu Anda mengelola gudang tersebut. Mulai dari pencatatan stok keluar masuk sampai dengan pengiriman pesanan kepada pelanggan.

 

Jika volume pesanan Anda masih rendah, mungkin karyawan Anda masih bisa menanganinya. Namun apabila volume penjualan Anda sudah tinggi, artinya Anda juga harus membayar karyawan yang cukup banyak agar bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada pelanggan.

 

Daripada harus mengeluarkan banyak biaya untuk membayar karyawan yang banyak, Anda bisa mengalihkan semua pekerjaan tersebut kepada penyedia jasa Fulfillment yang profesional seperti Gudang.id.

 

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi jumlah pengeluaran untuk membayar karyawan. Karena pihak Fulfillment telah memiliki karyawannya sendiri yang siap untuk melayani semua kebutuhan Anda.

 

3. Membantu Menghadapi Fluktuasi

 

Sebentar lagi bulan Ramadhan, di mana biasanya tingkat pesanan juga akan meningkat seiring banyaknya kebutuhan pelanggan. Semakin besar pesanan, Anda pun harus bisa mempersiapkan ruang yang lebih besar untuk penyimpanan stok, membayar karyawan, dan sebagainya.

 

Secara tidak langsung, hal ini akan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dari biasanya. Namun, dengan memanfaatkan jasa Fulfillment, Anda tidak perlu khawatir soal ini karena semua diatur oleh mereka, Anda terima beres saja.

 

4. Bisnis Jadi Lebih Efektif

 

Saat melakukan penjualan artinya Anda pun harus melakukan berbagai hal seperti pengambilan produk di gudang, pengemasan, sampai dengan pengiriman. Jika Anda melakukannya semua sendiri, artinya Anda butuh waktu yang lebih lama untuk melakukan pengiriman kepada pelanggan.

 

Tetapi dengan menggunakan jasa Fulfillment, Anda hanya perlu terus menjalankan bisnis seperti biasa dan mengalihkan semuanya kepada penyedia jasa untuk mengatur stok barang, packing, sampai dengan pengirimannya.

 

5. Hemat Anggaran

 

Bisa Anda bayangkan berapa biaya yang perlu Anda siapkan untuk menyewa gudang, bayar karyawan, bayar pengiriman logistik, dan sebagainya. 

 

Sedangkan dengan jasa Fulfillment, Anda bisa menghemat semuanya. Anda tidak perlu sewa gudang, tidak butuh karyawan yang banyak, tidak dipusingkan dengan packing dan pengiriman.

 

Bahkan seringkali Fulfillment memberikan diskon untuk pengiriman, sehingga Anda bisa menghemat anggaran Anda.

 

Lantas, apakah jasa Fulfillment itu penting?

 

Ya, penting. Apalagi jika Anda memiliki bisnis dengan produk yang sangat banyak dan tingkat volume penjualan yang tinggi. Maka menggunakan jasa Fulfillment adalah solusi yang terbaik.

 

 

Kembangkan bisnis Anda sekarang juga dengan menggunakan jasa fulfillment!

Alamat :

Pergudangan Kosambi Permai NN/17,
Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten 15212

© 2021 gudangmu.id

Alamat :
Pergudangan Kosambi Permai NN/17, Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten
15212

Copyright © Gudangmu.id