Apa yang Dimaksud dengan Fulfillment Center?

Saat ini perkembangan dunia digital bertumbuh sangat pesat. Hal ini pun berdampak pada metode perdagangan yang beralih dari cara tradisional menjadi cara digital.

 

Meskipun cara tradisional masih dilakukan, namun tidak menampik bahwa metode pemasaran secara digital jauh lebih efektif. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana orang-orang mulai aktif berbelanja di toko online ataupun e-commerce.

Jika Anda tidak melakukan digitalisasi bisnis, bisa berdampak pada bisnis Anda yang akan kalah saing dengan kompetitor. Sayangnya banyak pemilik bisnis yang masuk ke dunia digital tanpa persiapan yang matang dan akhirnya mengalami masalah operasional.

Namun, untuk masalah yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada metode yang bernama “Fulfillment Center” yang akan mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis.

Apa itu Fulfillment Center?

Secara sederhana, Fulfillment Center adalah gudang bersama yang memungkinkan para pelaku bisnis online untuk menyimpan semua stok barang. Sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk menyewa gudang sendiri.

Istilah kerennya adalah outsourcing; pemindahan pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperkecil biaya operasional.

 

Apa yang Anda Dapatkan dari Fulfillment Center?

Berikut ini beberapa hal yang akan mempermudah Anda menjalankan bisnis online ataupun e-commerce ketika menggunakan jasa Fulfillment Center:

 

  1. Tempat Penyimpanan yang Aman

Dengan menggunakan jasa Fulfillment Center, Anda tidak perlu khawatir soal penyimpanan stok barang Anda. Fulfillment Center memiliki gudang yang sangat luas dengan barbagai fasilitas yang mendukungnya.

Selain itu, semua stok Anda akan tersimpan dengan aman dan sesuai dengan karakteristik produk agar kualitasnya tetap terjaga.

  1. Manajemen Inventaris

Salah satu masalah yang paling umum dialami oleh para pebisnis online dan e-commerce adalah manajemen inventaris. Padahal hal ini merupakan salah satu hal penting untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Dengan memanfaatkan Fulfillment Center, akan membuat manajemen inventaris jauh lebih mudah karena mulai dari barang masuk dan keluar dikelola dengan baik dengan teknologi yang canggih.

  1. Mempermudah Proses Packing dan Pengiriman

Tidak hanya berlaku untuk menyimpan barang saja, Fulfillment Center pun dapat melakukan pengiriman barang kepada pelanggan Anda. Dengan kata lain Anda bisa fokus ke hal yang lain. Sedangkan untuk packing dan pengiriman akan dilakukan dari pihak Fulfillment Center.

  1. Koordinasi Inventaris

Sesuai dengan tugas mereka yaitu penyimpanan dan pengiriman, maka Anda perlu mengalihkan stok barang Anda kepada pihak Fulfillment Center, barulah setelah itu fulfillment dapat melakukan pengiriman produk kepada pelanggan Anda.

 

Terdapat beberapa opsi untuk mengalihkan stok inventaris Anda, pertama dengan mengirimkan stok barang Anda kepada pihak Fulfillment Center seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kedua, melakukan koordinasi dengan pihak pabrik/produsen/pemasuk produk Anda untuk mengalihkan barang milik Anda kepada pihak Fulfillment Center secara langsung.

Dan yang terakhir adalah dengan picking atau pengambilan barang oleh pihak Fulfillment Center ke tempat/gudang Anda. Hal ini tergantung dari penyedia fulfillment yang Anda gunakan, apakah mereka menyediakan jasa picking atau tidak.

Apakah Anda Butuh Jasa Fulfillment Center?

Saat ini, memiliki gudang bersama (Fulfillment Center) sangat penting untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih mudah. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada hal lain untuk mengembangkan bisnis.

Jika Anda mengalami masalah manajemen invetaris, packing, sampai dengan pengiriman barang, menggunakan jasa Fulfillment Center adalah solusi terbaik untuk Anda.

Anda bisa menggunakan jasa Fulfillment Center dari Gudangmu untuk menyimpan produk dari bisnis Anda dengan lebih aman, profesional, dan pastinya lebih hemat waktu, biaya, dan tempat.

 

Alamat :

Pergudangan Kosambi Permai NN/17,
Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten 15212

© 2021 gudangmu.id

Alamat :
Pergudangan Kosambi Permai NN/17, Belimbing, Kosambi, Tangerang, Banten
15212

Copyright © Gudangmu.id